BONE – Bertempat di RC Teras, Jl. Jenderal Sudirman No. 1, KPU Bone melaksanakan Coffee Morning bersama Bawaslu Kabupaten Bone, Disdukcapil Kabupaten Bone, dan Badan Kesbangpol Kabupaten Bone, Rabu, 3 Agustus 2022 sekira pukul 08.30 WITA.

Soal tujuan kegiatan, Nasaruddin Zaelani selaku Koordinator Divisi Penyelenggaraan Pemilu yang juga menginisiasi terlaksananya Coffee Morning tersebut mengatakan perlu ada forum-forum santai yang dibentuk seperti ini sebagai wadah silaturahim sekaligus tempat bertukar pikiran.

“Ke depan kerja-kerja berat kepemiluan menanti kita. Termasuk yang paling baru KPU telah membuka pendaftaran parpol. Yang mana mekanisme dan tata cara pendaftarannya diatur dalam PKPU No. 4 Tahun 2022. Jika tidak dilakukan duduk bareng seperti ini maka potensi munculnya mispersepsi satu sama lain sangat besar,” jelasnya.

Lanjut dia, KPU, Bawaslu, Disdukcapil, dan Badan Kesbangpol harus senantiasa berjalan beriringan demi lancarnya pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

Sementara, Alwi, Koordinator Divisi PHL Bawaslu Bone menyampaikan apresiasinya terhadap inisiasi KPU Bone dalam melaksanakan Coffee Morning tersebut. Menurutnya sudah lama forum-forum seperti itu ia nantikan agar terjalin komunikasi yang baik antar lembaga. Bahkan, Ia berharap forum tersebut tidak menjadi yang pertama dan yang terakhir.

“Saya harap ke depan forum seperti ini terus berlanjut. Jika perlu setiap bulan KPU dan Bawaslu duduk bersama seperti ini untuk membahas permasalahan-permasalahan yang ada secara lebih santai,” ujarnya.

Selain Pendaftaran Partai Politik, data pemilih juga menjadi bahasan penting lain dalam pertemuan tersebut.

A. Mappaninsong, selaku Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi menyampaikan kondisi terkini Daftar Pemilih Berkelanjutan yang KPU Bone lakukan selama ini. Termasuk meminta kesediaan Disdukcapil untuk senantiasa membantu KPU dalam melakukan pemutakhiran.