Bone — Jelang hari raya Idhul Adha 1444 hijriah diperkirakan total jumlah hewan ternak yang akan beredar dan diqurbankan (Hewan Qurban) di kabupaten Bone capai kurang lebih 5.918.

Data tersebut diperoleh dari hasil pendataan dinas peternakan kabupaten Bone di 27 kecamatan. Dari data tersebut hewan ternak sapi yang paling terbanyak yakni mencapai 5.076 ekor, kambing sebanyak 828 ekor, domba sebanyak 8 ekor dan kerbau sebanyak 6 ekor.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel-MPDN Audit Kepatuhan PMPJ Notaris di Bone

Diantara 27 kecamatan yang paling banyak menyiapkan hewan Qurban dengan angka capai 300 yakni kecamatan Libureng sebanyak 389 ekor sapi, Tanete Riattang Timur sebanyak 309 ekor sapi.

Persiapan Idul Adha, Total Hewan Qurban di Bone Capai 5.918

Menurut Kepala Bagian Kesehatan Hewan dan ternak Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Drh. Agusriadi, data hewan qurban di kabupaten Bone tahun ini meningkat dibanding tahun tahun sebelumnya.

“Kalau mengikuti tren 10 tahun terakhir, kuat indikasi masih akan meningkat tahun ini pak dan tiap tahun kita ada data qurban pak. Terkelola dengan sangat baik sejak tahun 2011,” jelas Drh. Agusriadi.

Selain itu, ia juga memaparkan terkait dengan kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang mewabah di beberapa daerah di indonesia. Menurutnya, Dinas Peternakan Bone sudah melakukan beberapa antisipasi dan pengawasan diantaranya :

1. Surat Edaran Bupati tentang kewaspadaan PMK sudah diedarkan ke seluruh wilayah per 9 Mei.
2. Pembentukan PMK Centre sebagai pusat informasi dan pelaporan kasus PMK di DPKH Bone.
3. Pemeriksaan secara simultan di seluruh wilayah di kabupaten Bone oleh petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Kab Bone.
4. Membangun koordinasi dan kerjasama tim terpadu bersama TNI-Polri, karantina, aparat pemerintah dan instansi terkait.